PMA

PMA atau Penanaman Modal Asing adalah kegiatan menanam modal untuk melakukan usaha di wilayah Indonesia yang dilakukan oleh penanam modal asing, baik menggunakan modal asing sepenuhnya maupun yang berpatungan dengan penanam modal dalam negeri dengan melihat pada pembatasan yang terdapat di Daftar Negatif Investasi (DNI).

Dalam pelaksanaannnya, investor asing dapat mendirikan badan hukum berupa PT PMA atau berupa Kantor Perwakilan Perusahaan Asing (KPPA). PT PMA merupakan badan hukum yang dapat melakukan kegiatan usahanya dengan penuh sedangkan KPPA hanya berupa kantor perwakilan dan tidak diperbolehkan untuk terlibat dalam aktifitas yang menghasilkan profit/ generate revenue atau berpartisipasi dalam transaksi sehingga kegiatannya hanya terbatas pada supervisi, koordinasi, bertindak sebagai intermediary dari perusahaan asing yang direpresentasikan tersebut.

DIRIKAN PT PMA – KPPA DENGAN MUDAH

Estra dapat membantu anda dalam hal pendirian PMA baik dalam bentuk PT ataupun KPPA, dimana kami akan melakukan asistensi pendirian dari sejak awal hingga akhir. Proses pendirian PT PMA atau KPPA akan melibatkan beberapa pihak dan memakan waktu, Anda hanya cukup berhubungan  dengan kami sebagai layanan satu pintu,  sehingga anda dapat fokus dengan pengembangan usaha anda di Indonesia.

Tentunya kami membantu investor asing dan dalam negeri yang hendak melakukan investasinya di Indonesia sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku di Indonesia.

Dalam rangka Ease of Doing Business (EoDB), pemerintah Indonesia telah melakukan banyak reformasi pada pendirian usaha, diantaranya dengan telah mengoperasionalisasikan portal Online Single Submission (OSS) sebagai portal perizinan terintegrasi secara elektronik yang menerbitkan NIB yang berfungsi sebagai TDP, Angka Pengenal Impor (API) dan akses kepabeanan. Portal OSS telah terintegrasi secara sistem dengan portal dari Kementerian, Badan, dan Pemerintah Daerah untuk menggabungkan prosedur memulai usaha. Hal ini juga mempengaruhi proses pengurusan PT PMA menjadi lebih terintegrasi. Prosesnya secara garis besar dapat digambarkan seperti video berikut:

LAYANAN  LAINNYA

^

Pendirian

^

Pembubaran

^

PMA

^

Akuisisi

^

Perubahan

FAQ

Dokumen dan proses apa saja yang termasuk dalam pendirian PT PMA? 

  1. Pengecekan dan pendaftaran nama perusahaan
  2. Akta pendirian Perusahaan
  3. SK Kemenkumham
  4. BNRI
  5. NPWP & SKT
  6. NIB dan izin usaha

Berapa modal minimal untuk mendirikan PT PMA ?

Modal dasar wajib dalam mendirikan PT PMA adalah minimal sebesar 10 miliar Rupiah dengan modal di setor minimal 2,5 miliar Rupiah dan pemegang saham memiliki saham minimal 10 juta Rupiah atau ekuivalen nya dalam USD.

Apa persyaratan pembuatan PT PMA  bagi investor Asing?

  1. Akta Pendirian Perusahaan dalam bahasa Inggris (jika penanam modal asing adalah badan hukum asing).
  2. Salinan paspor yang berlaku untuk individu (jika penanam modal asing adalah Warga Negara Asing).
  3. Maksud dan tujuan perseroan (bidang usaha sesuai KBLI 2017).
  4. Komposisi modal dasar (minimal Rp.10 M ekuivalen 1jt USD).
  5. Nama, alamat, no telepon perseroan.
  6. Susunan pengurus perseroan (direksi dan komisaris).

Apa persyaratan pembuatan PT PMA  bagi investor dalam negeri?

  1. Akta Pendirian Perusahaan dan pengesahan Kemenkumham (jika penanam modal adalah badan hukum).
  2. Kartu Identitas untuk Individu/KTP.
  3. Nomor Pokok Wajib Pajak.
  4. Maksud dan tujuan perseroan (bidang usaha sesuai KBLI 2017).
  5. Komposisi modal dasar (minimal Rp.10 M ekuivalen 1jt USD).
  6. Nama, alamat, no telepon perseroan.
  7. Susunan pengurus perseroan (direksi dan komisaris).

Kegiatan apa yang diperbolehkan oleh KPPA?

KPPA hanya boleh mengelola kepentingan perusahaan induknya dan menyiapkan pengembangan usahanya di Indonesia. KPPA dilarang melakukan kegiatan usaha di Indonesia atau aktifitas yang menghasilkan profit.

Dimana Investor asing dapat mendirikan KPPA?

KPPA hanya dapat didirikan di ibukota provinsi di Republik Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Denpasar dan lainnya dan KPPA harus berdomisili di gedung perkantoran.

 

Ingin mendirikan PT  PMA atau KPPA sesuai aturan yang berlaku namun bingung harus bagaimana? Kami akan membantu anda untuk proses dari A hingga Z. Layanan kami terpadu dan terjangkau, sehingga anda tidak perlu pusing untuk melakukannya sendiri.

error: Content is protected !!
Open chat
Halo, Ada yg bisa kami bantu ?
Halo, Ada yg bisa kami bantu ?