STNK KENDARAAN

Surat Tanda Nomor Kendaraan, atau disingkat STNK, adalah tanda bukti pendaftaran dan pengesahan suatu kendaraan bermotor berdasarkan identitas dan kepemilikannya yang telah didaftar. STNK diterbitkan oleh SAMSAT, yakni tempat pelayanan penerbitan/pengesahan STNK oleh 3 instansi: Polri, Dinas Pendapatan Provinsi, dan PT Jasa Raharja. STNK merupakan titik tolak kepemilikan yang sah atas sebuah kendaraan bermotor.

STNK sendiri berisi identitas kepemilikan nomor polisi, (nama pemilik, alamat pemilik) dan identitas kendaraan bermotor (merk/tipe, jenis/model, tahun pembuatan, tahun perakitan, isi silinder, warna, nomor rangka/NIK, nomor mesin, nomor BPKB, warna TNKB, bahan bakar, kode lokasi, dsb). Nomor polisi dan masa berlaku yang tertera dalam STNK kemudian dicetak pada plat nomor untuk dipasang pada kendaraan bermotor bersangkutan. Masa berlaku STNK adalah 5 tahun, dan setiap perpanjangan STNK, kendaraan diharuskan untuk cek fisik, yakni pengecekan nomor rangka dan nomor mesin kendaraan yang dikeluarkan Satuan Lalu Lintas Polri.

Apabila sebuah kendaraan bermotor berganti nama pemilik pada STNK, maka dikenakan BBN-KB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor).

BAGAIMANA MENGURUS STNK ?

STNK sendiri bukan sesuatu yang sifatnya permanen karena ada 2 komponen utama yang harus dilakukan perpanjangan baik itu tahunan ataupun 5 tahunan.

1. Pajak Kendaraan, adalah besarnya biaya pajak yang kita keluarkan untuk kendaraan yang dimiliki baik perseorangan maupun atas nama perusahaan dan besarnya tergantung dari tipe dan tahun pembuatan kendaraan itu sendiri.

2. STNK, adalah surat tanda nomor kendaraan yang memiliki masa berlaku selama 5 tahun dan wajib diperpanjang setiap 5 tahun sekali.

Ada baiknya Pajak Tahunan ataupun STNK 5 tahunan di urus 1 bulan sebelum jatuh tempo, untuk menghidari lupa dan denda apabila sampai terlambat.

Pengurusan dapat dilakukan dengan dua  cara, yaitu online dan offline :

1. Online, saat ini pengurusan pajak tahunan dapat dilakukan melalui samsat online , sehinga Anda tidak perlu keluar rumah untuk mengurusnya. Namun dengan syarat tidak ada keterlambatan sebelumnya.

2. Offiline, metode ini biasa dilakukan untuk pergantian STNK 5 tahunan dan pajak tahunan yang mengalami keterlambatan sebelumnya. Caranya Anda cukup mendatangi samsat terdekat sesuai dengan wilayah STNK Anda.

Kedua metode tersebut sangat mudah dilakukan oleh siapapun baik itu pribadi maupun perusahaan.

Hanya dengan meluangkan waktu untuk mendatangi samsat terdekat dan mengikuti prosedur didalamnya. Dengan catatan semakin pagi Anda datang maka Anda akan mendapat antrian terdepan dalam pengurusan, sehingga proses semakinn cepat selesai.

Kami sangat mengerti bahwa waktu adalah hal yang sangat berharga bagi Anda, untuk itu kami dapat membantu Anda untuk melakukan pengurusan perpanjangan STNK dan pajak kendaraan bermotor Anda dengan proses yang cepat dan biaya terjangkau.

Kami juga menyediakan jasa layanan antar jemput dokumen gratis ke rumah Anda sehingga, Anda tidak perlu keluar rumah untuk menyelesaikan permasalahan Anda.

LAYANAN LAINNYA

^

Balik Nama

^

Mutasi Antar Daerah

^

STNK Hilang

FAQ

Bagaimana prosedur Perpanjang STNK  di estra ?

Persiapan dokumen wajib untuk Pajak STNK :

1. STNK Asli baik atas nama pribadi maupun perusahaan.

2. BPKB Asli baik atas nama pribadi ataupun perusahaan.

3. Surat keterangan leasing apabila kendaraan masih dalam proses leasing.

4. KTP asli untuk atas nama pribadi

Berapa lama proses perpanjang STNK dan pajak Kendaraan ?

Untuk proses adapun sebagai berikut :

1. Untuk pajak STNK akan memakan waktu 1 hari kerja.

2. Untuk perpanjang STNK akan memakan waktu 3-5 hari kerja.

3. Untuk balik nama akan memakan waktu 5-7 hari kerja.

4. Untuk mutasi daerah tergantung dari daerah yang akan dituju.

Apakah dokumen Asli yag di bawa akan aman ?

Untuk seluruh dokumen asli yang kami pinjam akan kami buatkan tanda terimanya sehingga akan dikembalikan sesuai dengan tanda terima tersebut dengan aman dan tanpa cacat.

Hubungi Kami Segera

error: Content is protected !!
Open chat
Halo, Ada yg bisa kami bantu ?
Halo, Ada yg bisa kami bantu ?