Awal perjalanan sebuah bisnis, selain modal dan perencanaan bisnis yang matang, ada hal yang tidak kalah pentingnya yang harus Anda pikirkan dengan matang, yaitu pendirian badan usaha. Pendirian badan usaha serta perizinannya inilah yang menjadi salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh para pelaku usaha. Di Indonesia sendiri ada berbagai macam bentuk badan usaha yang dapat dipilih, mulai dari usaha perorangan, persekutuan perdata, Firma, CV, hingga Perseroan Terbatas (PT). Apabila dibandingkan dengan bentuk badan usaha lain maka PT adalah salah satu bentuk usaha yang sering kita temui.

Namun apakah Anda sudah mengetahui apa itu PT sendiri ?

PT (Perseroan terbatas) adalah salah satu bentuk badan usaha berbadan hukum yang modal usahanya berasal dari saham-saham yang dipegang oleh para pemiliknya. Para pemegang saham memiliki tanggung jawab terbatas dan tergantung dari jumlah saham yang dimilikinya. Modal saham yang dimiliki oleh para pemegang saham dapat dijual kepada pihak lain dimana artinya dalam perusahaan sangat mungkin terjadi perubahan organisasi kepemilikan tanpa harus mendirikan perusahaan baru. 

Adapun alat dan perlengkapan pada perseroan terbatas terdiri dari komisaris, direksi, dan rapat umum pemegang saham. Sedangkan anggota yang membantu pekerjaan pada sebuah PT jumlahnya sangat banyak. Pembagian hasil yang dilakukan untuk para anggota ditentukan oleh semua pemegang saham melalui rapat umum pemegang saham. 

Lalu apa saja keuntungan dari bentuk usaha Perseroan Terbatas (PT) :

1. Sistem Kepemilikan Lebih Jelas

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa sistem kepemilikan di dalam PT ditentukan oleh kepemilikan saham. Artinya pemegang saham memiliki batas tanggung jawab tergantung dari besar kecilnya saham yang dimiliki. Kepemilikan saham dalam PT bebas dialihkan secara mudah dan cepat asalkan sesuai dengan ketentuan perusahaan. 

2. Keberlangsungan Perusahaan secara Berkelanjutan

Perseroan terbatas dapat menjalankan usahanya dalam jangka waktu yang sangat lama. Perusahaan berbentuk PT dapat dipertahankan walaupun pendiri atau pengurus lamanya sudah meninggal. Jadi, PT dapat tetap berjalan dengan pemilik atau anggotanya yang sudah berubah. 

3. Kemudahan untuk Penambahan Modal

Bisnis yang dijalankan dengan sistem perseroan terbatas memiliki kemudahan untuk menambahkan modal. Penambahan modal dapat dilakukan dengan cara menerbitkan saham baru yang dapat dibeli investor. Saat bisnis lain harus mencari pinjaman untuk penambahan modal, bagi PT hanya perlu menawarkan sahamnya untuk investor. 

4. Harta & Aset Pribadi Lebih Aman

Aset dan harta yang Anda miliki sebagai pribadi lebih aman dan terlindungi. Hal ini karena PT merupakan badan hukum yang dianggap sebagai entitas tersendiri. Sehingga, ketika perusahaan Anda memiliki utang dengan pihak ketiga atau gagal menjalankan kegiatan bisnis, maka kerugian yang akan ditanggung pemilik perusahaan adalah sebatas jumlah modal yang disetorkan. Sedangkan aset pribadi tidak akan digunakan untuk membayar atau melunasi utang perusahaan.

5. Membuka Kesempatan Bisnis yang Luas

Dengan mendirikan PT, kesempatan Anda untuk mengembangkan bisnis juga semakin besar. Anda dapat berpartisipasi dalam tender, juga mengembangkan bisnis dengan membuka kantor cabang.

6. Diwajibkan berdasarkan Hukum yang Berlaku

Menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku, ada beberapa bidang usaha yang diwajibkan menggunakan badan usaha yang berstatus badan hukum seperti PT. Bidang usaha tersebut antara lain seperti bank, penyelenggara P2P Lending, dan penyelenggara outsourcing. Maka dari itu, sebelum Anda memutuskan badan usaha apa yang cocok untuk bisnis Anda, Anda juga perlu memperhatikan jenis kegiatan usaha yang Anda jalankan. Apakah wajib berbentuk badan hukum atau diperbolehkan jika dijalankan dalam bentuk Firma, CV, atau bahkan perorangan.

7. Meningkatkan Kredibilitas

Dengan memilih badan usaha yang berbentuk PT, orang lain akan menganggap Anda lebih serius dalam menjalankan bisnis sehingga meningkatkan kredibilitas Anda. Meningkatnya kredibilitas juga berpengaruh terhadap pengembangan bisnis Anda karena klien akan lebih percaya untuk menjalin kerja sama bisnis dengan perusahaan Anda dan menunjukkan bahwa perusahaan tersebut lebih profesional.

Apakah bentuk usaha Perseroan Terbatas memiliki kekurangan selain kelebihannya , berikut adalah kekurangan dari bentuk PT yaitu :

Proses Yang Lama dan Dana Yang Besar

Mendirikan Perseroan Terbatas membutuhkan proses pedirian yang panjang dan dana yang cukup besar. Pendirian perseroan terbatas sangat rumit proses administrasinya mulai dari izin pendirian, hingga kelengkapan administrasi.

Potongan Pajak Besar

Kekurangan perseroan terbatas lainnya adalah adanya potongan pajaknya yang tinggi, mengingat bahwa PT adalah subjek pajak tersendiri. Tidak hanya pajak saja yang terkena pajak, tetapi juga laba atau dividen yang dibagi kepada pemegang saham akan dikenakan pajak.

Pembubaran Yang Rumit

Kedua, proses pembubaran PT tidak semudah membubarkan badan usaha lain. Dikarenakan statusnya sebagai badan hukum dan dianggap sebagai suatu entitas, maka pembubarannya pun diatur secara khusus dalam UU PT. Sebelum dibubarkan, perlu dipastikan bahwa seluruh kewajiban PT telah dibayarkan dan seluruh kewajiban pajak telah ditunaikan.

Sekian kelebihan dan kekurangan dari bentuk usaha Perseroan Terbatas yang dapat menjadi pertimbangan Anda sebelum mengambil keputusan lebih jauh terkait usaha Anda.

Semoga Membantu

error: Content is protected !!
Open chat
Halo, Ada yg bisa kami bantu ?
Halo, Ada yg bisa kami bantu ?